Berkelana dalam Lautan Ilmu Penulisan

      Aku memberanikan diri untuk terjun ke dunia literasi terutama dalam bidang menulis. Tanpa rencana dan bermodal rasa penasaran. Tapi setelah terjun langsung.. berkenalan dengan teman-teman yang berkutat dengan tulisan dan semangat membangkitkan dunia literasi dengan jalan menghasilkan karya, ku merasa tertantang dan akhirnya memilih dunia yang digeluti Helvy Tiana Rosa.

     Aku berkelana di beberapa tempat yang mendukung untuk memuaskan dahagaku tentang dunia penulisan. Seperti apa sebenarnya dan bagaimana cara menulis yang benar hingga tulisan itu dapat dibaca dan pembaca ikut terbawa kemudian terinspirasi. 

     Untuk berkelana di "Kelana Maaf" aku ditemani sahabat-sahabat yang saling support, berbagi, menyemangati satu sama lain. Masya Allah bukankah sahabat yang baik juga merupakan rizqi dari Allah juga. Alhamdulillah..

     Ransel sudah kusiapkan dan sengaja aku kosongkan supaya panen ilmu di setiap sudut berkelana yang kan kutemui akan mengisinya sebagai bekal berkelana dalam "Kelana Maaf". 

     Awal berkelana aku di ingatkan dengan siapa dan bagaimana diriku serta caraku mencintai Agung Handayani. Kemudian ranselku memberi kode bahwa akan ada ilmu yang kupanen di Minggu pertama yaitu : Bagaimana menarik minat pembeli dan pembaca. Juga tentang Cara mempercantik Instagram.

     Wah ranselku mulai melahap hasil panen pertama ini kemudian mengirimkan saripatinya ke pikiranku sehingga aku dapat menyimpulkan cara menarik minat yaitu :

1. Memanfaatkan algortima media sosial yaitu Instagram karena paling menghasilkan dan banyak peminat. Caranya : 

1.1 seringlah like, comment dan share postingan follower mu

1.2 posting di jam sibuk Instagram

1.3 sering berinteraksi 

1.4 design menarik yaitu dengan mempercantik tampilan instagram kita. Baik dengan template yang cantik, tulisan yang ukurannya tidak terlalu kecil, tidak banyak ornamen.

1.5 tag banyak akun yang sekiranya sering merepost, ini sangat berguna untuk menambah jumlah followers kita.

1.6 konsisten. Ini yang berat tapi harus berusaha. Jangan hanya posting tentang kegiatan yang saat ini dilakukan supaya yang melihat postingan kita tidak jenuh.

1.7 sering membuat konten di instastory yang menarik dan interaktif.

2. Manfaatkan website dan aplikasi menulis

3. Ikuti forum menulis dan berkontribusi. Hal ini untuk menambah jam terbang dan dukungan dari sesama penulis.

4. Perpanjang silaturahim. Jadi dari sekarang seringlah berinteraksi dengan teman, sahabat, saudara tidak tiba-tiba menawarkan buku.

     Setelah puas mereguk ilmu di Minggu pertama. Kulanjutkan langkah bersama teman dan sahabat pengelana. Kami saling menyemangati dan support. 

     Di tengah perjalanan saling mengenal satu sama lain kami disuguhkan dengan sajian menarik yaitu : tips dan trik penulis pemula. Jika bermimpi mau jadi penulis ya menulislah. Jangan ragu dan takut. 

     Seorang penulis pemula mungkin dihadapkan pada keraguan bagaimana memulainya ternyata semua itu terletak pada :

a. Niat dan lakukan. Tanamkan dalam diri niat jadi penulis lalu lakukan jangan hanya diam. Menulis saja apapun itu meskipun hanya satu kata. Kita tidak akan tahu bisa saja dari sekata menjadi berjuta kalimat. 

b. Percaya diri dan tidak membandingkan tulisanmu karena setiap tulisan akan ada pembacanya masing-masing.

c. Perbanyak membaca. Hal ini bermanfaat untuk menambah perbendaharaan kata dan permainan kalimat.

d. Sering berinteraksi dan berdiskusi. Ajang ini bermanfaat untuk menambah gagasan dalam tulisan.

e. Belajar membuat blog, artikel atau aplikasi menulis.

    Saat menulis yakinkan diri dan berikan nyawa ke dalam tulisanmu. Karena apa yang dituliskan oleh hati akan diterima hati.

    Cara memberikan nyawa ke dalam tulisan yaitu para penulis akan menulis berdasarkan pengalaman, pengamatan, dan pernah merasakan. Ketiga unsur tersebut lah yang membuat tulisan lebih dijiwai. 

     Menulislah dengan ikhlas tanpa paksaan. Tidak perlu memikirkan tulisanmu akan dibaca orang lain atau tidak. 

    Alhamdulillah kami kenyang dengan sajian kali ini. Semangat kembali untuk melanjutkan berkelana meskipun dengan susah payah.

     Ransel kami mulai kosong setelah kami tuangkan semua ke dalam Judul, inti dan sinopsis kelana kami. Yap kita sudah memasuki tahap baru dalam penulisan sebuah buku " Kelana Maaf "

     Tiba-tiba disebuah persimpangan kami dihadapkan pada pilihan lanjut atau berhenti ketika di depan mata kami melihat jalan buntu akibat adanya writer's blok. Oh tidak.. ayo temukan segera solusinya. 

     Sebenarnya apa sih writer's blok itu?writer block adalah kondisi saat kamu kehabisan suatu ide yang ingin disampaikan, bingung mau nulis, mikir terus untuk ide selanjutnya mau dibelokkan atau ditekankan seperti apa tulisannya supaya pembaca bisa menangkap makna tulisan sesuai dengan perasaan yang kita tuliskan,atau merasakan sesuai dengan kejadian yg kita tuliskan.

     Solusinya bagaimana jika kita sudah mengalami writerss block :

1. Pilihlah waktu yang tepat untuk menulis. Setiap penulis mempunyai waktu yang comfort untuk menulis, bisa pagi, siang atau malam hari.

2. Bawa selalu notes kecil. Kadang ide muncul diluar kendali kita jadi selalu siapkan buku ini untuk mencatat setiap gagasan yang tiba-tiba ada meskipun hanya satu kata.

3. Ketahuilah apa yang ingin kamu tulis 

4. Buat lah peta visual.

Ranselku sudah minta diisi notes kecil dan peta visual sebagai bekal perjalanan.  

     Di tengah perjalanan kami bertemu ilmu baru tentang solusi writer's block yaitu : bukalah kembali tulisanmu yang tertunda, pikirkanlah sesuatu yang lebih luas dan bebas, berhenti berpikir "segini aja cukup kok", jangan ragu bertanya teman atau penulis lain, cobalah untuk lanjut menulis lalu lihat perbedaannya, buat deadline pribadi agar dapat mengatur waktu menulis.

     Setelah solusi kami temukan, perjalananpun dilanjutkan dengan hati girang .. Apalagi ilmu mengembangkan ide juga sudah ditangan. 5w1h (what, where, when, who, how). Yap mengembangkan sebuah ide yang sudah siap diajak berkelana.. 

     Alhamdulillah bekal kami sudah mencukupi untuk melanjutkan berkelana di dunia penulisan.

     Siapkan pena dan mulai menulis untuk Kelana Maaf yang merupakan tujuan dan impian bersama.

    Selalu libatkan Allah dan jangan lupa ridho keluarga untuk mulai mewujudkan impian dan semoga "Kelana Maaf" menjadi inspirasi bagi semua orang dan banyak peminatnya alias menjadi best seller aamiin 🤲🏻 

#writober2022

#Kelana

#RBMJakarta

#IbuProfesional











1 komentar