Tarawih hari Pertama

Sidang isbad memutuskan 1 ramadan jatuh tanggal 3 April 2022 artinya hari Minggu besok. Maka malam Minggu atau Sabtu ini pelaksanaan salat tarawih hari pertama.

Sejak awal sudah mulai memberikan masukan, menjelaskan dan membacakan buku yang berkaitan dengan puasa, tarawih dan pahala.

Alhamdulillah anakku semangat sekali bahkan membersihkan rumah pun dia mau ikutan serta berbelanja untuk.persiapan sahur juga inginnya ikut serta. Masya Allah.

Sebelum pandemi yaitu 2018 dan 2019 biasanya ikut tarawih tetapi belum menjalankan salat hanya ikutan saja baik saat Abi nya ataupun akungnya ke masjid atau musolla. 

Mulai pandemi karena pelarangan melaksanakan kegiatan diluar rumah maka tarawih pun dilaksanakan di kediaman masing-masing jamaah. Begitupun anakku yang belum ikut salat tarawih.

Sekarang usia dia hampir 6 tahun dan mulai paham serta mengerti mengenai bagaimana harus bersikap saat salat dan untuk apa dikerjakan. 

Adan isya berkumandang maka kami pun bersiap untuk ke musolla hendak salat isya dan tarawih berjamaah.  Anakku semangat sekali. Bahkan jalanpun mendahului kami. Sampai di musolla ternyata sudah mulai salat. Saat hendak masuk tempat ibadah di RT 03 ini ternyata sudah penuh hihi. 

Suami mengajak pulang untuk salat isya baru tarawih ke masjid At Taqwa di Universitas Pancasila. Aku pun mengajukan usulan yaitu sekalian saja ke masjid daripada masuk rumah takutnya anak memilih di rumah.

Abi setuju jadi kami pun ke masjid dikawasan kampus Universitas Pancasila. Ternyata sudah mulai salat Isya. 

Untuk jamaah wanita terletak di lantai bawah sedangkan pria di lantai dua. Anakku ikut Abi nya menaiki tangga. Kumenuju ke ruangan untuk salat.

Sudah rekaat dua jadi kami telat dua rekaat. Selesai salat isya kemudian sambutan dari ketua panitia dan remaja masjid. Lalu mulailah salat tarawih dan witir yang ditotal sebanyak sebelas rekaat yang dikerjakan setiap dua rekaat salam kecuali witir yang 3 rekaat baru salam.

Selesai tarawih ada kotbah yang dilakukan oleh imam salat. Isinya mengenai ramadan dan pelaksanaannya.

Kumenoleh kesamping kanan arah jam 4 untuk melihat anakku sudah turun atau belum. Pukul 21;00 kulihat anak dan suamiku sudah menunggu. 

Sepanjang jalan pulang Abi bercerita bagaimana anak kami salat, tidak mengeluh dan mendengarkan kotbah juga bahkan belum mau diajak pulang hingga pukul 21:00 barulah dia mengajak turun karena melihat banyak anak-anak yang bermain di tangga dan di lantai bawah.

Alhamdulillah semoga hal ini menjadi awal yang baik buat anakku menjalankan dan menyambut Ramadan tahun ini. Bismillahirrahmanirrahim

15 komentar

  1. MasyaAllah seneng banget anaknya semangat ikutan tarawih. Alhamdulillah sudah mulai kondusif situasinya untuk solat berjamaah lagi di mesjid ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Alhamdulillah banget.. jadi anakku pun merasakan bagaimana salat di masjid setelah sekian lama hanya dirumah saja

      Hapus
  2. Masyaa Allah tabarakallah mbak dan keluarga, pengalaman yang pastinya akan terbawa sampai anak-anak dewasa ya mbak😍

    BalasHapus
  3. Masya Allah .. senang ya mbak sudah bisa teraweh lagi di mesjid. Pasti menjadi pengalaman yang berharga untuk keluarga nya mbak. Semoga tahun ini menjadi awal yang baik untuk Ramadhan-ramadhan selanjutnya aamiin 🤲

    BalasHapus
  4. Masya Allah senangnya pengalaman pertama anak taraweh di masjid dan bisa sholat dengan baik... Semoga tahun ini pun jadi permulaan untuk ramadhan kembali normal yaa aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin 🤲🏻.. bisa mudik juga ya aamiin 🤲🏻

      Hapus
  5. Masya Allah Mas Agha semangat banget😍. Semoga makin cinta dengan ibadah shalat tarawih yaa aamiin❤

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, masyaa allah adik anteng ya ikut tarawih sampai witir. Semangat sampai akhir ramadhan 💪🏼

    BalasHapus
  7. Aamiin, wah senangnya Mas Agha juga ikutan semangat tarawih ya, Mba. Sampai nggak mau diajak pulang ya, hehehe.

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, kerennya anak sholeh.. Ikut sholat tarawih sama Abinya dengan tertib.. Semoga terus semangat ya Mbaa..

    BalasHapus