Webinar Workshop Literasi


Pukul 15:00 webinar workshop literasi yang diadakan oleh Sidina comunity pun dimulai. Bunda Susi Sukaesih sebagai host dan moderator membuka dengan memberikan salam dan menjelaskan mengenai : Sidina Comunity. 

Narasumber yang menjadi pemateri pun sangat kompeten yaitu :

1. Bapak Julius yang menyampaikan materi mengenai : Pembelajaran Tematik Konstektual 

Bapak Julius sangat jelas dan mudah dipahami saat memaparkan materi meskipun terkesan serius. 

Berdasarkan penjelasan beliau yang tertuang dalam slide materi, bahwa bukan standard pembelajaran yang dirubah jika siswa mulai belajar yang baru karena kerja energi yang dibutuhkan otak sangat tinggi, tetapi berusaha menemukan cara belajar yang mudah.

Supaya anak fokus juga sebaiknya pembelajaran terutama untuk anak paud adalah menggunakan tema serti : tubuhku, sahabatku, alam, muatan lokal,  lingkungan dan sebagainya. Tema ini dibuat mingguan supaya anak juga tidak bosan dan tergali potensinya.

Berdasarkan kegiatan tersebut dapat dinilai dan dievaluasi perkembangan anak sehingga guru dapat menindaklanjuti apa yang perlu dilakukan.

2. Ibu Audrey Monita 

Beliau adalah seorang read aloud trainer. Jadi dalam webinar melalui zoom ini Ibu Audrey menjelaskan mengenai apakah read aloud, mengapa harus read aloud, bagaimana read aloud. 

Materi yang disampaikan dengan fun dan tidak terkesan menggurui. Peserta digiring untuk memahami besarnya manfaat read aloud ini.

Ternyata dengan read aloud ini juga dapat menumbuhkan kecintaan kepada literasi. Selain itu dengan dibacakan nyaring maka akan lebih terserap ke anak meskipun dia lagi bermain atau seperti tidak memperhatikan akan tetapi otaknya merekam apa yang didengar.

Saat pemaparan materi tadi juga ibu Audrey memberi kesempatan kepada peserta untuk mencoba membaca nyaring dari sampul. Sebelumnya beliau contohkan. Aku dan salah satu ibu ditunjuk untuk membacakan nyaring : kue ulang tahun untuk Widi dan kucingku.

Jadi yang dibaca itu adalah judul, nama penulis, nama ilustrator, nama penerbit, dan pinggir buku atau belakang cover buku. Setelah itu barulah dibacakan nyaring bacaannya dengan intonasi yang berubah supaya lebih jelas terutama dialog.

Memang disarankan sebelum membacakan nyaring, kita sebagai orang tua membaca dulu bukunya supaya lebih paham dimana titik koma, tokoh cerita, inti cerita.

3. Ibu Isti Budhi S

Beliau tadi menjelaskan mengenai : Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, analisis dan kritis pada Anak.

Ternyata meskipun materi nya terkesan berat akan tetapi Bu Isti memaparkannya sangat ringan dan fun jadi tidak bosan dan peserta dibuat aktif dengan menjawab dan menganalisa. Hal ini dimaksudkan supaya saat mengajarkan kepada anak pun ibu tahu dan sudah paham.

Bu Isti memulai dengan menjelaskan dengan bagaimana perbedaan gaya belajar dan gaya berpikir. Setelah itu peserta diajak untuk berdiskusi, mengamati gambar dan menganalisa serta menjawab pertanyaan yang diajukan untuk merangsang kreativitas kami dalam menjawab dan melihat suatu masalah.

Matematika pun ternyata juga bisa membuat kita berpikir kritis dan tidak selamanya merupakan bilangan. Wow baru tahu aku malahan.

Demikianlah ringkasan materi yang disampaikan di webinar kali ini. 

Selanjutnya saat q n a yaitu tanya jawab. Ternyata banyak yang antusias untuk bertanya. Alhamdulillah semua pertanyaan juga terjawab dengan jelas dan rinci. Begitu pula pertanyaan yang kuajukan dijawab ibu Audrey dengan mudah kupahami.

Alhamdulillah webinar pun selesai setelah semua pertanyaan terjawab. Sebelum ditutup Ibu Susi mengajak peserta untuk foto bersama. 

Selesai foto bersama webinar pun ditutup oleh Bu Susi selaku host dan Alhamdulillah para peserta termasuk aku puas karena ilmu yang kami reguk hari ini tadi sangat banyak dan semoga kami dapat mengaplikasikannya. Aamiin 🤲🏻 (AH)

By Agung Handayani ❤️






0 komentar