Resume Panggung Liga Regional

    


    Tidak terasa sudah memasuki tugas keempat yaitu membuat resume panggung liga regional dimana cawarga kampung main memilih salah satu yang menarik. Aku memilih Panggung liga regional minggu keempat yang menampilkan program unggulan regional Jawa Barat, Jakarta dan Banten. 

    Regional tersebut adalah : Banten, Tasikmalaya, Jakarta, Depok, Bandung, Garut, Bekasi, Tangerang Kota, Bogor, Cianjur, Cirebon Raya, Tangerang Selatan, Karawang, dan Sukabumi.

    Alasanku memilih panggung regional ini karena lagu pembukaannya seru banget, asyik, ceria dan membangkitkan semangat ditambah lagi host panggungnya mba oca, operator oleh mbak rilly dan makin asyik dengan adanya si ratu game yaitu mba Ajeng. 

    Setelah pembukaan oleh mba Oca dilanjutkan yel yel kampung main yang menambah semangat cawarga untuk menyaksikan panggung liga regional. 

    Panggung dibuka dengan menampilan video dari masing-masing regional. Memang hampir semua regional di komunitas Ibu Profesional mempunyai rumah belajar, rumah main dan rumah berbagi yang hampir sama hanya yang membedakan cara penyajian, nama program dan acara yang unik, video yang dibuat juga sangat menarik untuk ilustrasi maupun gambarnya. 

1. Bandung ( Lusi Diani)

Jalan-jalan dimulai dari kota bandung yang menampilkan video yang menyuguhkan pemandangan di kebun teh yang hijau segar, keren banget. programnya juga keren. Di Bandung ada rumah belajar menjahit, rumah belajar literasi, rumah belajar public speaking, rumah belajar bisnis, dan rumah belajar boga. Selain itu juga ada 3 rumah berbagi dan 1 rumah bermain yaitu membuat diy.

Program unggulan podcast, antologi dan tepas ( temu kampung komunitas). Tepas ini dalam bahasa sunda berarti halaman depan, bagaimana cara menyambut tamu. Kegiatannya yaitu berkolaborasi dengan komunitas lain di luar Ibu Profesional contohnya dengan Familia Creativa

2. Jakarta (Nurmah Saufa Aulia) 

Video dari regional Jakarta menyuguhkan pemandangan ibukota di waktu malam yang selalu ramai 24 jam. Tugu monas yang memancarkan kilauan cahaya menunjukkan kemegahan kota. 

Ada empat rumah belajar di komunitas ini yaitu : rumah belajar boga, sew and craft, rumah belajar menulis dan green organic

Acara di masing-masing rumah belajar yaitu latbar boga, wso sew and craft (patchwork totebag, ecoprint), writtober yaitu even menulis, semerbak green organic.

Green Organic merupakan salah satu rumah belajar dimana lebih cenderung belajar mengenai: green living, berkebun, mengolah sampah dan perilaku positif untuk mencintai bumi. Programnya disebut: semerbak yaitu  sharing member, sharing knowledge, sharing mengenai zerowaste.

Selain itu di kampung komunitas Jakarta ini juga ada program :Friday night IP Jakarta radio dan Jasyik (Jakarta Asyik).

3. Bekasi (Salli Dewi) 

Video penyambutan untuk warga baru bertema babakan telaga berarti kampung baru yang merupakan sumber mata air hidup dan penghidupan bagi seluruh makhluk ciptaan-Nya.

Regional Bekasi mempunyai tujuh rumah belajar yaitu : kerajinan tangan (pengenalan dasar macrame, paper flower, decoupage, sulam, pita, rajut), menjahit (pengenalan tusuk dasar jahit tangan, mesin jahit, sharing jahit sederhana, upsycle gamis), Boga (challenge masakan faforit keluarga, resep simpel berbuka puasa, resep masakan sehat keluarga), Literasi ( Zoom literasi, Writing for Healing, antologi bersama), bahasa asing (kelas bahasa arab, quotes berbagai bahasa, English camp for kids, tongue, twister), Sehat dan Cantik (sharing perawatan sehari-hari, makeup class online, kulwap kesehatan reproduksi bareng Spog, Zoomba bareng coach di ahad pagi), media grafis (pengenalan berbagai aplikasi, podcast)

Dua rumin yaitu : anak kreatif (sharing seputar pengasuhan anak, saling menguatkan antar member, sharing permainan sederhana, read aloud), Gerakan berkebun (sharing bercocok tanam dengan lahan terbatas, eco enzyme)

Paling faforit yaitu boga, rumin playdate.

4. Bogor : Siti Ina Sakinah

Program unggulan di regional Bogor adalah : Senin sharing, Rabu Seru dan Jumat Semangat. Rumah belajar bahasa Arab. Challenge bulanan setiap rumbel ada atau pekanan. Ada hadiah juga untuk latbar, hadiah atau berupa voucher untuk beli buku lalu sharing untuk menulis.

5. Cianjur : Kurniawati

Ada empat rumah belajar yaitu : rumah belajar menjahit, rumah belajar zerowaste, rumah belajar berkebun dan rumah belajar boga. 

Zerowaste kegiatannya yaitu bagaimana pengelolaan sampah di rumah karena sampah besar dan banyak jadi bagaimana mencegah timbunan sampah, memilah sampah supaya diolah lebih mudah. Misalnya dibuat kompos untuk organic yang nonorganic bisa dibuat diy.

6. Ciraya ( Cirebon Raya ) : Nismah 

Wilayah Cirebon Raya meliputi Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan. Program Rujak = rumpi bijak yaitu bagaimana caranya supaya member bisa sama-sama membikin acara ngobrol santai tetapi serius. Jadwal rujakannya yaitu : rujak kucur (rumpi bijak kumpulan curhatan), rujak petis (rumpi bijak petualangan istri), rujak mi ( rumpi bijak menjadi ibu) 

7. Depok : Ajeng 

Regional Depok video perkenalannya keren banget. Adapun rumah belajar yang ada yaitu : 

a. rumbel anak merupakan wadah para ibu professional dalam membersamai aktivitas dan tumbuh kembang anak (virtual playdate, distro=diskusi seputar trending topic, shining = sharing ide main itu nyenengin)

b. rumbel dapur emak, 

c. rumbel anak dewasa muda ( ADA ) rumah belajar untuk ibu dan anak usia dewasa muda (10-15 tahun), menjadi wadah untuk ibu belajar dan berbagi berbagai hal terkait anak usia dewasa muda, sebagai wadah untuk anak belajar ; berkreasi dan bersosialisasi.

d. Rumbel menulis

8. Sukabumi : Rani Apriyani 

Program unggulan playdate karena ketemu offline pasti ramai. Banyak keanekaragaman, belajar langsung dan menambah semangat atau energi positif. 

9. Karawang : Eva F

Programnya yaitu : Sherbu (sharing di hari Rabu), Kumis (kuis Kamis), Quotes (quotes dari member).

Rumah belajar yang ada yaitu jahit dan craft, literasi, memasak. Rumah bermain.

Buku hasil karya rumbel literasi peserta dari seluruh kampung komunitas kulzoom dan workshop jadi sekalian langsung latihan jadi buku antologi.

10. Banten : Nourul Fatimah 

Regional Banten memiliki enam rumbel (memasak, mediagrafi, menulis, kabita / karya bikin cinta sewing and crafting, bumi berhias, dan kecantikan) dan 2 rumin (Serang dan Cilegon).

Kolaborasi antar rumbel, agenda seluruh rumbel mengadakan seminar kulwap di rumah belajar masing-masing. Buka kelas juga untuk umum

11. Tangerang Kota : Novi Melawati 

Programnya rumah bermain, rumah berbagi, rumbel ( boga, literasi, home and edu, bisnis dan design)

Rumbel literasi yang asyik bertemu teman senang menulis dan membaca jadi ketemu yang punya passion sama dan saling menyemangati.

12. Garut : Meigita Nur Sukma 

Programnya yaitu ; rumbel (public speaking, memasak, literasi, Jnc, Zerowaste), rumin (playdate), rumba (rumah berbagi).

Sbs (Sadinten ngabasa Sunda) setiap hari kamis pake bahasa sunda sapa member jadi untuk lebih belajar bahasa sunda. 

13. Tangerang Selatan : Prasadika 

Ada dua kegiatan yaitu kegiatan wag ( info luar komunitas, senin sharing, games gemes, artikel, info komunitas) dan kegiatan rumbel (menulis, renang, boga, berkebun).

Program terkeren adalah Jasmine : salah satu progker mingguan yang dijalankan oleh rumbel berkebun di setiap hari Jumat. Member yang ingin mengajukan tanamannya untuk dilamar akan mendaftar melalui admin dan member yang melamar akan mengajukan lamarannya melalui form. Bisa bertukar makanan ataupun yang lain.

14. Tasikmalaya : Fitri P

Ada rumbel juga di regional Tasikmalaya yaitu : jahit dan craft, literasi, memasak dan ada rumin playdate.

Program unggulan playdate. ngobrol menghangatkan kampung. Program ngos-ngosan. Ngorbrol ala radio, member curhat bisa menghubungi admin dan request lagu misal mengenai nostalgia lagu juga nostalgia.

Selesai berkenalan dan berkunjung ke empat belas regional akhirnya panggung diserahkan kepada si Ratu Games atau the Queen of Games yaitu Mba Ajeng yang selalu ceria dan semangat membawakan games yaitu Peta (Plesetan kota) contoh games yaitu : gambar orang bernyanyi sendiri -> kota Solo ; gambar begal -> kota Tegal ; gambar ikan bandeng -> kota Bandung.

    Games selesai maka selesailah rangkaian acara di panggung liga Regional dengan ditutup dengan pesan khusus dari para manajer yaitu: semoga teman-teman asyik bisa terus bahagia gembira dan ceria buat main bareng, ngobrol bareng, beraktivitas bareng di kampung komunitas.

    “Teman-teman Asyik yuk kita berkomunitas dengan bahagia, berperan dengan bahagia, lakukan dengan hati karena yang diberikan dengan hati akan diterima juga dengan hati. (hanie)”

#Resume4

#Panggungligaregional

#orientasikampungkomunitas

#balaimainceria

#ibuprofesional2021

#komunitasibuprofesional

#kampungmain3

#semestakaryauntukindonesia

#salamberprestasi

#PrestAsyik


0 komentar