Resep Donat

 Anakku suka sekali makan donat apalagi jika membuat semdiri. Paling antusias dan semangat serta minta adonan sendiri yang dia takar dan ulenin.

Sejarah Donat 

Menurut kompas.com : Melansir dari Smithsonian, donat yang asli pertama kali datang ke Manhattan tetapi tidak sama sekali menggugah selera orang karena hanya sebatas "kue berminyak".

Ada kisah yang menyebutkan pada abad pertengahan ke-19, Elizabeth Gregory (Ibu kapten kapal New England) membuat sebuah kue.

Kue tersebut terbuat dari pala, kayu manis, dan kulit lemon untuk diberikan kepada anaknya dan kru saat perjalanan panjang agar mereka terhindar dari sakit saat perjalanan.

Awalnya bentuk donat bukanlah berlubang di tengah. Karena kue yang digoreng tersebut tengahnya belum matang maka dibuatlah lubang supaya matang sempurna saat digoreng.

Bahan membuat donat.

Ada beragam cara dan varian donat di jaman sekarang. Berbentuk padat dan cair. Adonan dapat menjadi : roti goreng, donat, bomboloni. Donat kentang dan donat madu.

Bahan dasar hampir semua sama yaitu :

1. Tepung terigu 

2. Ragi atau fermipan 

3. Telur 

4. Susu 

5. Mentega 

6. Garam 

7. Gula pasir atau madu 

8. Kentang jika donat kentang 

Toping atau isian :

1. Coklat 

2. Meisis 

3. Glaze 

4. Keju 

5. Kacang 

6. Selai 

7. Gula halus

Cara Membuat :

1. Pastikan fermipan aktif yaitu dengan menyiapkan susu hangat atau air hangat lalu masukkan fermipan. Diamkan sampai berbusa dan berbuih naik ke atas.

2. Siapkan tepung, telur, gula dan mentega lalu ulenin dan fambahkan fermipan.

3. Ulenin sampai kalis kemudian diamkan selama 45 menit dengan ditutup serbet atau plastik supaya mengembang.

4. Kempiskan adonan lalu bentuk seperti cincin atau bulat. Diamkan sebentar lalu goreng dengan api kecil 

5. Balik sekali saja 

6. Beri toping sesuai selera.

Sedangkan untuk donat cair maka komposisi air atau susu cair yang ditambah. Kemudian di cetak pada cetakan yang sudah dimasukkan ke dalam minyak panas.

Untuk donat kentang maka dikukus terlebih dahulu setelah itu dihaluskan dan dicampur dengan bahan lainnya.

Untuk bomboloni setelah kue matang masukkan selai ke dalam papping bag atau botol kecap (yang ujungnya runcing) lalu tusukkan ke kue dan isi dengan selai kemudian taburi gula halus. 

Untuk toping donat bisa dilakukan dengan mengoleskan mentega atau margarin kemudian beri meises atay keju atau hanya dengan gula halus. Sedangkan jika menggunakan glaze maka siapkan glaze ke dalam piring kemudian permukaaan donat di masukkan diamkan sebentar supaya mengeras lalu bisa ditambahkan toping lain seperti dihias dengan selai atau coklat.

Adonan dasar donat ini juga bisa untuk bakpao, roti goreng, roti manis, roti sobek dan pizza.










0 komentar