Festival Ibu Penggerak 2023 dan Blue Bird


Festival Ibu Penggerak Sidina Community hadir kembali. Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk 2023 ini aku ikut terlibat sebagai panitia. Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 September 2023 ini mengambil tema : Berproses Menjadi Wanita Sehat, Cerdas dan Berdaya dengan Semangat Merdeka Belajar. 



Pukul 06:00 wib aku dan beberapa teman panitia termasuk Founder Sidina Community yaitu Ibu Susi Sukaesih, berangkat menuju Gedung D Kemdikbud Ristek RI di Senayan. Kami bertujuh berangkat dengan menggunakan moda transportasi taxi Blue Bird. Wuih bangga dong karena Blue Bird menjadi partner transportasi resmi Festival Ibu Penggerak 2023. 



Festival Ibu Penggerak Sidina Community 2023

Sesampainya di Gedung D Kemdikbud Ristek RI, taksi berhenti dan driver membantu menurunkan tas kami. Terimakasih Pak 😊.

Menuju lantai dua Gedung D yaitu aula auditorium yang menjadi tempat diselenggarakannya acara Festival Ibu Penggerak 2023 kami segera mengambil posisi masing-masing sesuai jobdesk. Aku menuju meja regristasi mempersiapkan absen, snack, air mineral, bolpoin dan kertas supaya memudahkan saat para peserta hadir. Satu per satu ibu-ibu hadir dengan senyum sumringah dan mulai regristasi kemudian masuk ke Ruang Auditorium. 

Pukul 08:30 terdengar pemutaran video Sidina Community dan Video Count Down Opening yang menandai dimulainya acara Festival Ibu Penggerak 2023. MC cantik Sri Rahayu memulai acara dengan mengajak hadirin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berdoa bersama. kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Susi Sukaesih, Founder Sidina Community, mengenai tiga tahun Sidina community dan impact bagi para ibu, keluarga dan masyarakat.



Acara dilanjutkan dengan pemutaran video tapping oleh Bapak Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A. MendikbudRistek yang mengapresiasi adanya Ibu Penggerak yang sangat membantu dalam memasyarakatkan program dan kebijakan KemdikbudRistek. Setelah itu Bapak Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Menteri kesehatan RI mengutarakan mengenai peran komunitas dalam mewujudkan keluarga yang sehat.

Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si yang lebih dikenal dengan nama Ibu Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dalam videonya mengambil tema : Gerakan Ibu Penggerak dalam Pemberdayaan Perempuan. Ternyata Ibu penggerak pun merupakan upaya membedayakan perempuan di Indonesia. Dilanjutkan video tapping oleh Bapak Anang Ristanto, S.E, M.A, Kepala BKHM, menjelaskan tentang betapa pentingnya peran komunitas orang tua dalam Merdeka Belajar. Selanjutnya Apresiasi dari Founder Jabar Bergerak yaitu Ibu Dr. Hj. Atalia Praratya, S.IP., M.I.Kom yang lebih akrab disapa Ibu Cinta. Beliau sangat mengapresiasi dengan adanya Ibu Penggerak ini. Para peserta yang merupakan Ibu-Ibu Penggerak Sidina Community semakin bangga dengan tergabungnya mereka ke dalam Ibu Penggerak yang bergerak bersama untuk Pendidikan Indonesia yang lebih maju.

Pemaparan Materi FIP 



Untuk Festival Ibu Penggerak yang kedua kalinya diadakan ini memang istimewa selain jumlah peserta lebih banyak dari tahun lalu yaitu 300 peserta  yang terdiri dari member Sidina Community, Community partner, Sponsor dan media partner, juga narasumber yang lebih banyak dan kompeten dibidangnya. Adapun Pemateri atau Narasumber tersebut adalah :

1. Bapak Drs. Zulfikri Anas, M.Ed., Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP Kemdikbudristek, yang memaparkan materi dengan judul : Makna Merdeka Belajar di Rumah. Beliau menyampaikan materi dengan santai tapi sangat mengena ke ibu - ibu yang merupakan madrasah utama bagi anak-anaknya dan yang membersamai dan mendidik ananda.

2. Ibu Bandoro Chariesta, MX B2B Key Account Manager : Goverment dan BUMN, beliau menjelaskan kepada peserta FIP dengan ramah mengenai Ibu Berdaya di Era Pendidikan Digital. Jadi makin paham bahwa kita sebagai ibu pun dapat berdaya lho di era digital saat ini.

3. Ibu Ainun Chomsun, Tim Staff Khusus Mendikbudristek bidang Komunikasi, turut menjelaskan mengenai apa saja sih peran komunitas orang tua dalam Merdeka Belajar. Jadi bukan hanya sekolah, tenaga pendidik dan siswa saja yang berperan.

4. Vini S dan Luthfi Ibrahim dari PINGU'S English turut memberikan edukasi kepada peserta Festival Ibu Penggerak bahwa ibu ibu juga dapat menjadi ibu yang cerdas di era globalisasi ini jadi jangan hanya beranggapan bahwa ibu hanya di rumah dianggap tidak cerdas.

5. Vena Annisa, public speaker, memberikan materi yang bagus buat ibu - ibu yang biasanya grogi saat berbicara di depan umum maka tema : Seni Berbicara di Depan Umum beserta tips nya menjadi materi yang minta penambahan waktu hehe.

6. Ibu Rusprita Putri Utami, Kepala Puspeka Kemdikbudristek, mengutarakan apa saja peran Puspeka dalam pendidikan keluarga. Penguatan karakter juga sebaiknya ditanamkan dari keluarga.

Talkshow

Seperti FIP yang pertama dimana talkshow menjadi acara yang ditunggu oleh peserta, maka tahun ini pun ada dua sesi talkshow, yaitu :

1. Gerakan Ibu Penggerak dalam Merdeka Belajar dan Launching Buku "Berproses Menjadi Wanita Cerdas" dimoderatori oleh Nurhadijah Putri yang menemani dua narasumber cantik yaitu Isthi Budi Setiawati (co-founder Sidina Community) dan Virginia Velin (wakil kornas Sidina Community). Saat launching buku, moderator juga meminta perwakilan para penulis yang ikut berkontribusi dalam penulisan buku yaitu Agung Handayani, Yuliantini Yuwono, Bhekti Setya Ningrum.

2. Berproses Menjadi Wanita Sehat, Cerdas dan Berdaya dalam Kerangka Merdeka Belajar, dimoderatori oleh Bhekti Setya Ningrum yang menemani berbincang tiga narasumber yaitu : Suci Hendrina (Head of CSR and Corporate Communication), Sarah Aspih (Marketing Manager Lumileds Phillips Automatic), Leny Vinisah ( Fasilitator Ibu Penggerak). Mereka berbincang mengenai pengalaman dan bagaimana untuk berproses menjadi wanita yang sehat, cerdas juga berdaya.

Hiburan dan Kuis Ranking 1 

Salah satu fasilitator ibu penggerak yang bernama Qatrinnadya ternyata mempunyai bakat untuk stand up comedy dan pernah ikut dalam lomba stand up di sebuah tv swasta tanah air. Ternyata memang beliau berbakat dan berhasil memecah ruangan dengan tawa dan tepuk tangan para peserta yang melihat aksinya. 

Kuis Ranking 1 menjadi acara yang ditunggu oleh para peserta karena hadiahnya adalah 1 buah Chrome Book dari Samsung. Namun sayangnya hasil akhir dari kuis ini adalah seri sehingga diputuskan untuk hadiah tersebut dilakukan secara pengundian melalui aplikasi dengan menginput nomer absen peserta.

Mardiah Syahidah lah yang akhirnya membawa pulang hadiah keren tersebut. Tapi kehebohan masihlah terjadi karena pembagian doorprize dan pemberian apresiasi kepada peserta yang sangat antusias hadir di Gedung D kemdikbudristek RI. 

Acara ditutup dengan foto bersama dan juga pembagian Goodie Bag. Alhamdulillah para peserta puas dan bahagia. Terimakasih teman-teman Sidina Community.

Taksi Bluebird



FIP tahun ini juga menjadi berbeda dengan digandengnya Blue Bird Grup menjadi partner transportasi resmi Festival Ibu Penggerak. Taksi yang sejak tahun 1972 mulai beroperasi di ibukota dan bertahan sampai saat ini karena selalu berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Saat hendak pulang kumulai memesan taksi blue bird melalui aplikasi mybluebird. Alhamdulillah taksi yang kupesan pun tiba. ternyata cepet ya .. hal ini karena taksi ini selalu mangkal di tempat yang strategis dan cepat dalam pelayanan. Armada yang banyak sehingga memudahkan para penumpang untuk memanggil saat taksi melintas di jalan raya.

Driver yang ramah, mobil yang lega dan nyaman menyambutku ketika kubuka pintu taksi. Mobilpun berjalan membelah jalanan ibukota yang mulai padat. 

Sistem pembayaranpun juga memudahkan para penumpang. Selain tunai, juga bisa melalui Qris, Gopay dan menerima voucher taksi yang diterbitkan oleh Blue Bird. Wah semakin memanjakan para penumpang nih.

Alhamdulillah sampai rumah dengan selamat. Terimakasih Blue Bird. Terimakasih Festival Ibu Penggerak.

0 komentar