Fix My Time Manajement

 


Sampai juga di tantangan akhir bulan Juli 2021 untuk warga Balepandang yaitu Tantangan Fix Your Time Manajement. Meskipun secara nyata manajemen waktuku masih meraba-raba menggunakan metode yang mana.

Alhamdulillah berkat bonus dan hadiah dari Balepandang dan mba Uut mengenai materi manajemen waktu dan penjelasan Mba Uut yang menyatakan bahwa kenyamananlah yang utama meskipun semua pakar menyatakan metodenya lah yang paling bagus, membuatku semakin yakin dan tidak ragu lagi.

Jujur beberapa hari ini sejak menyelesaikan pratantangan aku mencoba membenahi manajemen waktu hingga hari terakhir pengumpulan tugas 🤭 karena masih mengaplikasikan dan mereview. Serta trial and error mengenai kandang waktu dan kuadran aktivitas yang sudah kubuat.

Aku mencoba bangun di awal pagi, bangun kesiangan yaitu setelah subuh tidur lagi, tidur malam di jam lebih awal maupun tidur awal setelah jam cinderella. 

Begitu pula dengan mencoba lagi food preparation meskipun dengan dana terbatas misalnya stok sayuran yang lebih tahan lama seperti baby labu siam, buncis, wortel, kentang, terung. Kadang dimofifikasi saja untuk menghindari kebosanan. 

Kegiatan mendadak karena permintaan mendadak dari mertua atau anak yang kadang menambah waktu dari waktu yang sudah di kandangkan.

Manajemen waktu dengan metode yang sudah kita pilih, lakukan jangan hanya sebagai wacana dan catatan untuk menyelesaikan tugas di Balepandang saja. Jangan lupa di-review. Begitu pesan Mba Uut. Jangka waktunya sebaiknya memang 90 hari meskipun bisa saja kurang atau lebih dari waktu tersebut. Kenyamanan kita lah yang utama.

Analisaku dari Tanggal 19 Juli - 29 Juli Mengenai Manajemen Waktuku :

1. Saat tidur malam lebih awal dan bangun pukul 03:30 atau subuh

--> Aku membuat kandang waktu setelah salat subuh adalah mengaji dan menulis. Alhamdulillah setelah salat subuh bisa tilawah tetapi tidak bisa menulis karena harus belanja dan memasak (misalnya tidak ada bahan yang dikulkas) aktivitas memasak dimulai pukul 07:00 dan jam 08:30 sudah selesai dengan catatan tidak ada acara cuci mencuci hihi. Pukul 09:00 sudah bisa membersamai Anak ataupun sebentar melongok gadget karena tugas sebagai admin di dua komunitas. 

--> Jika bangun sebelum subuh Alhamdulillah kegiatan menulis bisa dilaksanakan.

2. Saat tidur malam di jam cinderella dan bangun subuh kemudian tidur lagi akhirnya kesiangan.

==> Nah ini semua jadi berantakan dan emosi menjadi labil dan mudah tersulut. Anak juga kurang dibersamaj secara utuh. 

Dengan melihat analisa tadi lalu aku ambil kesimpulan untuk memperbaharui kuadran aktivitas. Untuk kuadran pertama itu untuk yang mendesak sekali jadi kegiatan memasak dan membersamai anak lebih kuutamakan apalagi anak sekarang sudah waktunya sekolah tetapi belum sekolah. Komitmen untuk HS nya maka aku harus lebih mengedepankan kepentingan anak karena jika tidak terpenuhi bisa berantakan ternyata. Misalnya anak jadi meminta waktu lebih dan merajuk saat aku megang gadget untuk bekerja sebagai admin di komunitas atau jualan online.

Jadi yang aku tuju dan jadi prioritas untuk manajemen waktu saat ini adalah bisa tilawah 1 hari 1 juz, menulis, membersamai anak dan lebih produktif.

1. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal : artinya nengkondisikan kebiasaan untuk tidur paling lambat pukul 22:00 dan bangun pukul 04:00.

2. Food preparation meskipun dengan anggaran terbatas.

3. Kandang waktu direvisi yaitu setiap 30 menit atau sejam ada jeda dan harus komitmen. Misalnya Pukul 06:00-10:00 no gadget maka harus komitmen untuk menyelesaikan tugas saat itu tanpa gadget nah misalnya harus megang hp karena tugas admin di hari Senin pukul 09:00 maka di jam itu saja aku misal selama 10 menit bertugas melalui handphone.

4. Olahraga biasanya jalan kaki ke tukang sayur yang dekat menambah jarak ke tukang sayur yang agak jauh dengan catatan spare waktu cukup dan sesuai dengan kandang waktu untuk persiapan dan memasak supaya tidak mengganggu waktu bersama anak misalnya lakukan di hari Minggu.

5. Persiapkan di malam hari bahan untuk pembelajaran dan membersamai anak karena di malam itu seringnya agak longgar. Malam ini juga digunakan untuk menulis jika membersamai anak dan suami sudah terpenuhi. 

Masih belajar untuk konsisten, bongkar pasang dan memadupadan dengan waktu ibu mertua juga. Supaya semua selaras, tetap waras tanpa harus ada yang dirugikan dan kebutuhan anak untuk dibersamai serta produktivitas untuk menambah pendapatan keluarga juga terpenuhi dan tercapai. 

Kuadran aktivitas yang di revisi 

Bismillahirrahmanirrahim semoga Allah mudahkan aamiin🤲🏻



0 komentar