Manajemen Waktu


Dalam Minggu ini ada tugas kedua pratantangan untuk para warga dan calon warga Bale pandang dari PJ Mia yaitu tentang Manajemen Waktu, bagaimana mengatur waktu.

Demi Masa 

Waktu kita yang sehari 24 jam ini akan kita gunakan untuk apa. Masalah waktu sampai Allah berfirman dalam surah Al-Asr. Bagaimana kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah, produktif dan bermuamalah.

Masalah waktu ini membuatku kadang kelimpungan mengaturnya. Meskipun sebenarnya manajemen waktu ini sudah pernah mendapat materinya dari bunda Nani Nurhasanah pada waktu Gerakan binar Batch 6.

Manajemen Waktu

Pengertian manajemen waktu yang diambil dari Wikipedia :

Manajemen Waktu adalah proses pengendalian waktu berdasarkan suatu rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dan telah dipertimbangkan berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang kemudian harus dilakukan pengontrolan dalam prosesnya agar maksimal. Wikipedia 

Berdasarkan pengertian di atas kesimpulannya adalah bagaimana waktu dapat digunakan secara produktif.

Sebelumnya untuk waktu masih bisa aku atur dengan baik. Akan tetapi setelah ada perubahan-perubahan dalam kehidupan ternyata berpengaruh dalam pengaturan waktuku juga.

Kendala 

Ada beberapa kendala untuk manajemen waktuku ini yaitu :

1. Pindah tempat tinggal di rumah mertua.

Sejak tinggal di rumah mertua secara tidak langsung berpengaruh dengan ritme kerja dan waktu yang sudah teratur sebelum pindah karena mertua juga ada aturan dan ritme waktu juga. 

Sejak mertua mulai sakit-sakitan dan penciuman sangat sensitif terutama dengan bau masakan, hal ini sangat berpengaruh dengan waktu memasak yang berbenturan dengan jam tidur mertua yang seringnya baru bisa tertidur di pagi hari.

2. Ekonomi 

Sejak Februari 2020 pandemi wabah virus covid 19 melanda dunia. Hal ini berpengaruh dalam pola kehidupan masyarakat. Termasuk kondisi ekonomi secara global tidak terkecuali tempat Abi mencari nafkah terkena imbas. Hal ini berpengaruh juga denganku yang awalnya jualan online hanya sekedar mengisi waktu sekarang harus lebih intensif kemudian terjun juga di dunia kepenulisan dengan harapan mendapat penghasilan dari menulis ini sebagai sumber nafkah keluarga. 

Hal tersebut secara langsung berpengaruh dengan pengaturan waktu 

Agha yang belum bersekolah dan kami memilih home schooling secara mandiri juga membutuhkan waktu tersendiri.

3. Menunda

Sikap menunda ini yang sering membuatku keteter akhirnya. 

4.  Mood, malas, bete 

Hal manusiawi tetapi juga yang sering membuat berantakan.

5. Manajemen gadget.

Sebagai tim materi dan admin di sebuah komunitas, menulis dan berjualan online membuatku sering berinteraksi dengan gadget. Ini yang sering menjadi kendala karena kadang kebablasan karena terlena.

Solusi 

Ada beberapa solusi yang kupilih untuk mengatasi kendala dalam manajemen waktu ini, yaitu :

1. Membuat kuadran aktivitas, kandang waktu dan menulis dalam agenda.

a. Kuadran Aktivitas 

Untuk memudahkan kegiatan ku bagi kegiatan menurut 4 kebutuhan seperti gambar di bawah ini.


b. Membuat kandang waktu 

Waktu tidak aku jadwal per menit nya tetapi perkiraan spare waktu saja..

Misalnya : 

Pukul 05:00 - 06:00 menulis 

Pukul 06:00 - 10:00 laundry, memasak, menemani Agha.

Dan seterusnya.

Meskipun aku juga fleksibel saja untuk spare waktu ini karena kadang ada keinginan dan permintaan tidak terduga atau pekerjaan mendadak di waktu yang sudah terjadwal.

c. Menulis dalam agenda atau buku 

Ternyata hal sepele ini sangat berguna dan menjadi tidaklah sepele lagi. Sifat manusia yang mudah lupa dan kesulitan untuk menyimpan banyak memori di otak sehingga mencatat ini menjadi hal yang penting.

2. Menyelaraskan dan memadukan waktu 

Setelah berpindah di rumah mertua dan perubahan keadaan ekonomi karena pandemi dan ppkm sangat berpngaruh untuk manajemen waktu.

Awalnya berbelanja seminggu sekali dan food preparation. 

Hal tersebut kadang tidak bisa berlaku karena keuangan yang tidak memungkinkan dan permintaan mertua yang kadang di kulkas sudah tidak ada stock bahan yang diminta.

Berusaha menyelaraskan dengan membeli bahan yang harus ada dan bisa tahan agak lama. 

Tetap melakukan food processing saat keuangan memungkinkan. 

Waktu memasak yang lebih efisien.

3. Membagi waktu untuk manajemen gadget dengan lebih bijak.

Untuk manajemen gadget ini diatur lebih bijak lagi yaitu saat untuk berjualan online, menulis, mengerjakan tugas, berkomunitas.

Sebab itu hal penting saat ini untuk membantu perekonomian keluarga.

4. Bangun lebih pagi dan segera lakukan 

Berusaha tidur lebih awal dan bangun lebih pagi jadi tugas menulis maupun berjualan online bisa dilakukan lebih awal. Tugas mencuci, berbelanja dan menyiapkan bahan lebih awal supaya saat jam masak tiba semua sudah bisa dikerjakan sehingga lebih efisien.

Bismillahirrahmanirrahim

Itulah kendala, solusi cara mengatur waktu atau manajemen waktu ala aku, Agung Handayani. 

Memang tidak mudah tetapi insya Allah dengan melibatkan Allah dan selalu bekerja sama dengan suami dalam hal pengasuhan dan mengerjakan pekerjaan rumah maka akan bisa teratur dan lebih efisien dan efektif dan waktu dapat digunakan secara produktif dan bermanfaat. Aamiin 🤲🏻


 










0 komentar