Zona 2 Hari 2 Komunikasi Produktif


Zona 2 Hari ke - 2

Komunikasi Produktif tidak sekedar menyampaikan pesan tetapi bagaimana  pesan itu dimengerti dan mendapat respon sesuai yang diharapkan.  Hasil dari komunikasi ini adalah tanggung jawab konunikator atau si pemberi pesan. 

I am responsible for my communication results yap aku sebagai penyampai pesan bertanggung jawab dengan apa yang kusampaikan. Berlatih menahan diri dan menjadi pendengar begitupun sebaliknya dengan kawan bicara kita.

1. Poin komunikasi yang aku latih hari ini adalah : aku sebagai penyampai pesan harus bertanggung jawab dengan apa yang kusampaikan dan bagaimana memahami bahwa kawan bicara kita punya for dan foe yang berbeda.

2. Partnerku berlatih komunikasi hari ini adalah : pasangan jiwaku alias suamiku tersayang, tercinta, ter I love u hehe

Karena memang banyak hal yang masih harus kami benahi dan perbaiki dalam hal komunikasi ini mengingat banyak faktor eksternal yang ternyata berpengaruh juga ke respon saat berkomunikasi. 

Pesan yang kusampaikan Alhamdulillah di respon dengan baik dan diterima dengan bukti bahwa berkurangnya penggunaan gadget di Pukul 18:00 - 21:00.

Ternyata memang memahami for dan foe kawan bicara juga sangat penting supaya aku dapat memilih dan memilah kata untuk diolah menjadi kalimat yang tepat.

3. ❤️ Yang sudah baik dari komunikasj hari ini adalah : ketika ku mulai memahami bahwa setiap orang mempunyai for dan foe yang tidak sama, belajar menahan diri, memahami setiap kata yang keluar dari mulut kita adalah tanggung jawab kita, maka komunikasiku dan pasangan mulai membaik meskipun kusadar juga tak ada faktor eksternal yang mempengaruhi.

Pesan yang kusampaikan diterima dengan baik dengan berkurangnya penggunaan gadget di jam 18:00 - 21:00.

Semoga tidak hanya berlaku untuk hari ini saja aamiin 🤲🏻

❤️ Yang ingin kuperbaiki untuk latihan besok adalah : tidak memaksakan masing masing pendapat kepada kawan bicara. Dengarkan dulu kawan bicara tanpa menyela demikian juga sebaliknya.

Komunikasi Produktif dan efektif ternyata memang perlu dipelajari dan diterapkan karena tak jarang banyak miss komunikasi yang berakibat negatif yang sebenarnya dapat dihindari dan tak perlu muncul.

Menahan diri masing-masing untuk mendengar, memahami pesan, tidak memaksakan pendapat kita paling benar, memahami for dan foe setiap orang berbeda, sadar bahwa setiap kata yang keluar dari mulut adalah tanggung jawab konunikator maka akan tercipta komunikasi yang tepat dan pesan mendapat respon atau feed back yang tepat pula.

#tantanganzona2

#harike-2

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

 


0 komentar