Belajaraya 2023



Sabtu, 29 Juli 2023 kulangkahkan kaki menyusuri trotoar menuju stasiun krl. Senyum terkembang melirik baju yang kukenakan. Yap ada tulisan yang menggelorakan semangat yaitu : Merdeka Belajar. 

Alhamdulillah meskipun berdiri dalam gerbong kereta tak menyurutkan langkahku untuk ke Gedung Post Bloc di Jakarta Pusat.

Stasiun Juanda yang merupakan stasiun terdekat dengan tempat acara Belajaraya 2023, menyapaku dengan keramahan penjaga yang memberikan informasi arah kemana aku harus melangkah menuju Gedung Post Bloc. Alhamdulillah disampingku ada tiga orang dara manja yang ternyata sejalan dan bersemangat menyusuri jalanan menuju Gedung tempat diselenggarakannya acara yang mengundang lebih kurang 4000 orang.

Sampai di Post Bloc kami berpisah karena berbeda tempat regristasi. Kulangkahkan kaki menuju east regristasi untuk menemui pic dari Sidina Community yaitu mba Vian dan mba Leni.

Sepanjang jalan banyak tempat yang instragamable dan cocok jadi tempat nongkrong ditambah aneka kuliner yamg memanjakan perut yang duluan konser dengan merdunya di jam 12 siang saat ini.

Gelang dan sticker



Awalnya ku di hadang oleh keamanan bagian regristasi karena belum memiliki gelang. Alhamdulillah mba Vian sudah melihat kehadiranku dan memberikan tiket tanda masuk yang dilingkarkan ke tangan menyerupai gelang dan tak lupa di beri stiker warna hijau muda sebagaj tanda all akses. Masya Allah takjub banget 😍 

Ruang Belajar dan Ruang Pameran

Banyak ruang belajar yang sudah disiapkan oleh semua murid semua guru yang menginisiasi acara ini. Banyak tempat yang sudah hampir penuh terisi oleh pengunjung yang hendak belajar ataupun melihat pameran dan menemanj putra putrinya di area anak.  

Sidina Community mendapatkan tempat untuk menjadi pembicara .



Lantai dua

Setelah puas menikmati pemandangan yang sungguh membuat mata terbuka dimana banyak orang yang peduli akan pendidikan dan haus ilmu, depan ada panggung yang sedang mempersiapkan dan panitia yang cek sound serta micropon. Kulangkahkan kaki menuju tangga samping panggung menuju lantai dua. 

Kutunjukkan gelang dan stiker kepada petugas penjaga pintu. Begitu dipersilakan masuk dan dibukakan pintu aku pun terkesima dengan suara lagu yang sangat familiar yeeeyyy RAN  ku tak bisa menahan keharuan bahwa sedekat ini nonton konser dan tidak ricuh meski pada bernyanyi dan bergerak ikuti irama musik.

Kuhampiri teman - teman dari Sidina Community yang ada di sayap kanan panggung. Kami nyanyi bareng hanyut dalam keseruan.

Kemudian talkshow tapi aku mundur sejenak karena belum menunajkan sholat Dhuhur. Ketika melihat ke lantai 1 panjang antrian pengunjung yang hendak masuk ke lantai 2 tak menyurutkan langkahku untuk turun menuju masjid di samping gedung.

Setelah kutunaikan empat rakaat kubertemu dengan teman tenan sidina community yang juga hendak masuk ke lantai 2 kembali. 

Ternyata untuk masuk kembali harus melalui pintu depan yang artinya ikut antrian. Alhamdulillah banget ketika menunjukkan gelang dengan stiker hijau langsung dipersilakan naik kembali. Ternyata wow penuh pengunjung yang hendak menyaksikan Tulus konser dan talkshow. 

Ketika bisa menyaksikan begitu dekat kemudian bernyanyi bersama teman teman dan Tulus masya Allah kubersyukur sekali. "Manusia manusia kuat itu kita, jiwa jiwa yang kuat itu kita"  masih terngiang dalam sanubari. 

Selesai menyaksikan Tulus, kemudian panggung di steril untuk talkshow para publik figur yang sangat peduli dengan pendidikan yaitu Bapak Prabowo, Maudi Ayunda, Bapak Anies Baswedan, Bapak Ganjar Pranowo, Vidi Aldiano, Tompi dan tentu saja Bapak Mentri kebudayaan riset dan teknologi RI yaitu Bapak Nadiem Makarim yang dipandu oleh mba Najela Shihab. 



Semua murid semua guru, sama sama belajar, sama sama bergerak untuk merdeka belajar yang berkelanjutan demi pendidikan Indonesia yang lebih maju.



Terimakasih banyak untuk Kemdikbud RI, ibu Ainun Chosum, Bapak Anang, Sidina Community, Ibu Susi Sukaesih, Ibu Isti Budi Setyawati, Viane, Leny Vinisah dan teman - teman Sidina Community 🥰



0 komentar