Pengalaman Baru sebagai Proses Merdeka Belajarku



Setelah pratantangan Agustus 2021 di Bale Pandang mengenai Merdeka Belajar, saatnya memasuki tantangan di bulan Agustus 2021. Masya Allah masih belum percaya sudah di tahap ini.

Bulan Agustus 2021 ini ada beberapa hal baru yang kulakukan sebagai proses belajarku. Belajar secara merdeka yang bebas, produktif dan membuatku berbinar.

Membaca dari cerita teman-teman warga Bale Pandang saat pra tantangan Merdeka Belajar membuatku semakin terpana dan terpesona. Masya Allah. Banyak hal yang bisa dipetik juga dari cerita mba Lili saat live di fbg Bale Pandang mengenai Merdeka Belajar versinya. 

Pengalaman baru ataupun langkah baru yang aku lakukan berhubungan dengan merdeka belajarku di bulan Agustus 2021 ini adalah :

1.  Dunia kepenulisan 

Ada beberapa tawaran untuk menulis artikel maupun cerita pendek. Untuk artikel ini merupakan sesuatu yang baru karena belum cukup ilmu hanya saja pernah bertanya kepada teman-teman di KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional) bahwa dalam menulis artikel itu peran kita juga masuk ke dalamnya jadi bukan sekedar pandangan mata. 

Sedangkan untuk menulis cerpen atau cerita pendek juga terobosan yang baru karena biasanya menulis dalam bentuk narasi saja. Aku menulis juga masih yang menorehkan apa yang ada di pikiran langsung dituangkan sedangkan seharusnya harus dipilih dan dipilah untuk susunan kata, kalimat dan sebagainya. Cerpen masih dalam proses penulisan untuk dikirimkan ke @penulishebatku.id. 
Untuk penulisan ini Alhamdulillah sudah ada 5 buku antologi. Buku antologi bulan Agustus dengan KMO yaitu : About Home.

2. Dunia Anak dan Parenting

a. Islamic Montessori by Miss Zahra Zahira.

Mulai mengajarkan hal ini ke Agha dihubungkan dengan aspek perkembangan anak yang sudah berusia 5 tahun. 
Ini menjadi langkah baru bagiku karena tahunya Montessori untuk umum ternyata bisa juga secara Islami. 

b. Membuat Printable.
 



Aku termasuk orang yang tidak kreatif dan tidak bisa membuat gambar.  Tetapi mengingat kebutuhan dan keperluan Agha sedangkan budget tidak mengijinkan untuk print jadi deh membuat Printable sendiri baik melihat printable kemudian di gambar sendiri atau menggambar sendiri berdasarkan kebutuhan.

Misalnya untuk saat ini di gerakan binar, tema challenge bermain Minggu ini adalah kesehatan jadi aku membuat Printable yang berhubungan dengan kesehatan.
Alhamdulillah meskipun sederhana tetapi Agha menyukainya dan antusias.

c. Phonics 

Pengalaman baru untuk pembelajaran Agha yaitu pengucapan phonics secara benar dengan mengetahui cara membaca atau menyebutkan huruf. Jadi saat mengajarkan ke Agha juga sesuai dengan phonics yang benar.

d. Fitrah keimanan dan literasi sejak dini.

Mengikuti webinar  talkshow 24 Para pendidik rumahan selaras fitrah seri 2. 
Masya Allah benar-benar membuat mata dan hati terbuka mengenai cara mendidik, menemani dan membersamai anak yang diselaraskan dengan fitrah anak. 

Ada 3 sesi untuk webinar ini yaitu : 
❤️Kompak dengan ayah : disini menjadi semakin paham bagaimana dan apa manfaat membangun kelekatan dan pentingnya peran ayah dalam mendidik dan membersamai anak.
❤️Sadar bakat sebagai upaya menjadi muslim yang produktif. 
Di sini belajar mengenai bakat yang kita punya dan talent mapping yang merupakan pengalaman baru juga buatku untuk mengetahui apa sebenarnya bakatku, anakku, suamiku. Supaya dapat kita asah untuk menjadi tongkat Musa bagi kami. Di sesi ini ada kalimat yang membuatku berbinar yaitu : Niatkan hanya kepada Allah, serahkan semua sama Allah dan rizqi kita sudah diatur oleh Allah. Jika kita melakukan untuk semata-mata karena Allah insya Allah hasilnya juga dari Allah.
❤️Menumbuhkan minat baca dan literasi keluarga
Masya Allah semakin membuatku berbinar bahwa Read Aloud atau membiasakan membacakan nyaring ke anak manfaatnya luar biasa untuk masa depan anak.

Langkah baru yang kulakukan bersama suami yaitu mendidik anak selaras fitrahnya. 
Memang untuk saat ini masih meraba seperti apa model dan kurikulumnya. 

3. Dunia produktif 

a. Moderator 


Pengalaman baru bagiku menjadi moderator untuk kulwap kolaborasi. Belajar menjadi moderator awalnya karena penasaran dan merasa harus keluar dari zona nyaman dimana aku yang cenderung di belakang layar.
Melihat gaya moderator lain saat ada kulwap yang kuikuti menjadi ilmu baru buatku.

Memberanikan diri untuk menjadi moderator kulwap kolaborasi baru kali ini. Kulwap "Asyiknya Membacakan Nyaring" kerjasama @readlaoudkalsel dan @ibuhebatku.id

Alhamdulillah banyak respon positif dengan gayaku saat menjadi moderator dan menjadi ciri khasku.  Semakin keren istilah para peserta kulwap. Alhamdulillah. Masya Allah ❤️ Allah yang memudahkan dan melancarkan.

b. Berjualan online dengan benar dan berilmu.

Saat ini dunia bisnis sedang memasuki era vuca. Mau tidak mau, suka tidak suka itulah kenyataannya. Ini juga yang menjadi pertimbanganku untuk terjun ke jualan online melalui dropship buku, baju dan sebagainnya seiring dengan meningkatnya jual beli melalui online.

Mulai sesuatu yang baru dengan belajar bisnis online secara benar dan berilmu. Sebelumnya tahuku hanya posting dagangan saja misalnya di Instagram atau di WhatsApp. Ternyata banyak ilmu yang harus dimiliki supaya dagangan kita dilirik customer.

Alhamdulillah sejak belajar bagaimana memposting dagangan melalui WhatsApp story' maupun jualan saat market day di beberapa grup wa penjualan meningkat. 

Dua kata kunci saat ini adalah kreativitas dan inovatif dalam produksi di era digital juga bisa diterapkan dalam dropship jualan online. 

Pembukuan yang teratur dan rapi, rekening dan keuangan yang terpisah antara pribadi dan untuk jualan, juga merupakan ilmu yang sedang aku lakukan saat ini.

Bismillahirrahmanirrahim semakin semangat untuk belajar dan tetap mengibarkan bendera kemerdekaan belajar untuk membuatku makin berbinar dan bahagia. 

Happy mom happy family ❤️

Demikian langkah-langkah baru yang saya lakukan sebagai ibu yang membersamai anak dan juga sebagai istri yang berusaha keluar dari zona nyaman untuk membantu perekonomian keluarga. Bismillahirrahmanirrahim selalu niatkan karena Allah.

#komunitasibuprofesional
#kampungkomunitasip
#balepandang
#merdekabelajar
#tantanganagustus2021
#semestakaryauntukindonesia
#ibuprofesional2021





0 komentar