Hari keempat Zona dua Komunikasi Produktif


Hari ke - 4 Zona 2

Komunikasi Produktif

Hari ini ada acara keluarga besar dari suami. Artinya aku akan bertemu dan berkomunikasi dengan banyak saudara. 

Di hari ketiga kemarin aku sedang belajar untuk komunitas asertif terutama supaya aku bisa berkata tidak. Ternyata tak semudah yang kubayangkan karena efek dari itu sungguh luar biasa.

1. Poin komunikasi produktif yang aku latih hari ini: komunikasi asertif. Terutama untuk berkata tidak melanjutkan kemarin.

2. Partnerku berlatih komunikasi produktif hari ini adalah: adik suamiku. 

Sering karena merasa sebagai kakak yang keinginan mengayomi dan membantu akhirnya selalu dijagakne.

Ketika ku katakan tidak untuk keinginannya ternyata aku dicueki. Kusapa pun diam saja. 

3. Kesimpulan:

a. Apa yang sudah baik dari latihan komunikasi produktifku hari ini: memang aku merasa lega ketika bisa mengatakan tidak. Meskipun hasilnya aku didiamkan bahkan di pertemuan keluarga besar tadi. Entah mengapa alu bisa bersikap santai padahal sebelum aku mengenal komunikasi produktif ini ku termasuk komunikasi pasif. Belajar berkomunikasi dengan benar, tepat dan menyampaikan pesan dengan tepat ke kawan bicara meskipun aku tau resiko atau tanggapan kawan bicara bisa saja diluar dugaanku.

b. Apa yang ingin aku perbaiki untuk latihan besok : melatih lagi bicara dengan tulus, tidak menggunakan emosi dan ego saat berkomunikasi.

Menyadari bahwa tanggapan kawan bicara memang bermacam-macam baik positif maupun negatif jadi aku berusaha berlatih lagi komunikasi yang produktif ini supaya kawan bicara memahami pesan yang kusampaikan secara tepat.

#tantanganzona2

#harike-4

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

0 komentar