Hari kelima Zona dua Komunikasi Produktif


Hari kelima, Zona 2 

Komunikasi Produktif

Menahan diri untuk tidak menggurui ataupun sok tahu saat berkomunikasi ataupun ngobrol, bagiku sangat susah.

Kekurangsabaranku jika kawan bicara belum ngerti dan aku gemes iihhh gini lho yang akibatnya membuat kawan bicara kadang salah paham dan beda persepsi.

Di tantangan hari ke lima ini eng ing eng :

1. Poin komunikasi produktif yang aku latih adalah : Mengendalikan diri alias ego, tidak menggurui dan memahami kawan bicara

2. Partnerku berlatih komunikasi produktif hari ini: suamiku tersayang.

Tadi pagi ada acara cfd. Sebenarnya sudah memberitahu suami rute, tiket mrt ataupun kereta dan parkir motor tergantung mau pilih moda transportasi yang mana.

Akhirnya dipilih naik motor dan mrt saat akan berangkat. Ternyata tiket tidak bisa digunakan jadi agak memperlambat hehe. Aku mulai es teh alias esmosi tapi berusaha menahan padahal sebenarnya pengen bilang tuh kan dikasih tau semalam wkwkw.

Daripada memancing suami malah nanti tidak jadi cfd ya terima aja deh hehe.

Kadang juga sok tahu ku (berdasarkan apa yang kubaca dan pengalaman) jika ku paparkan menjadi perdebatan karena sama-sama merasa pendapatnya yang benar. Ego benar-benar tinggi🙈  

Jadi perbedaan pendapat dimana aku seharusnya lebih bisa menahan sok tahuku.

3. Kesimpulan

a. Apa yang sudah baik dari latihan komunikasi produktifku hari ini: sudah mampu sedikit mengurangi ego, menahan untuk tidak memancing perdebatan.

b. Apa yang ingin aku perbaiki untuk latihan besok: tetap mengenai ego.

Kawan bicara bukanlah lawan bicara yang harus aku taklukkan dan tunduk padaku. Komunikasi yang produktif adalah saat kawan bicara menangkap pesan yang kusampaikan dan tepat dalam memberikan respon.

#tantanganzona2

#harike-5

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

0 komentar