Hari keenam zona dua Komunikasi Produktif

Hari ke-6 di zona 2 Komunikasi Produktif

Hari ini Alhamdulillah aku dapat pelajaran berharga sekali dalam hal komunikasi yaitu memahami arti dan maksud tersembunyi dari sebuah kata atau kalimat.

Aku memang masih ragu antara percaya dan tidak. Niat baik ataukah ada niat lain. Hanya Allah yang tahu dalamnya hati seseorang.

Di hari ke-6 ini memang kumemilih dengannya untuk berlatih. 

1. Poin komunikasi produktif yang aku latih hari ini: memahami makna sebuah kalimat.

2. Partnerku berlatih komunikasi produktif hari ini: teman

Sengaja memilihnya karena beberapa kali mendengar bahwa temanku ini pintar menyembunyikan maksud dalam sebuah kalimat yang membuat kita merasa terkecoh saat mengetahui.

Aku yang sedang belajar memahami pesan kemudian berkomunikasi dengannya dan aku salah menafsirkan tulisannya yang tersirat dalam sebuah chat WhatsApp. 

3. Kesimpulan

a. Apa yang sudah baik dari latihan komunikasi produktifku hari ini: aku berusaha tenang dan tetap menanggapi chat nya dengan tidak menyudutkan ataupun menghakimi. Berprasangka baik dan menyerahkan pada Allah untuk menunjukkan mana yang benar dan salah.

Menata kalimat yang tetap menjaga etika, ego dan tetap berbaik sangka. Alhamdulillah kemarin-kemarin belajar bagaimana menanggapi pesan yang disampaikan orang lain. 

Belajar menyusun rangkaian kalimat yang memang "ini lah aku" tak perlu kalimat yang "bertopeng".

b. Apa yang ingin aku perbaiki dari latihan besok : memahami makna setiap pesan yang disampaikan oleh orang lain, memahami kata kunci yang mungkin menyimpan banyak makna yang tertutup "topeng".

#tantanganzona2

#harike-6

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

0 komentar